Emrus Sihombing: 3 Kader Demokrat Miliki Kapasitas Duduk di Kabinet Jokowi

oleh -18 views
Dr. Emrus Sihombing

JAKARTA-SIKAP partai Demokrat untuk bergabung dalam koalisi Jokowi hingga kini memang masih abu-abu. Namun, tanda-tanda bergabungnya partai berlambang Mercy tersebut semakin kuat berhembus. Bahkan, 3 kader potensial partai Demokrat yakni mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau pakde Karwo, pendiri Demokrat HM Darmizal MS dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) digadang-gadang bisa mewakili partai Demokrat untuk membantu Jokowi tahun 2019 hingga 2024 mendatang.

Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr. Emrus Sihombing memprediksi, jika partai Demokrat benar-benar masuk dalam gerbong Jokowi 5 tahun kedepan tidak menutup kemungkinan hanya akan mendapat jatah satu kursi di kabinet Jokowi.

“Kita realistis saja. Partai Demokrat tidak ikut berjuang secara terang-terangan dalam pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres lalu. Jadi, kemungkinan besar partai Demokrat hanya akan dapat 1 jatah kursi kabinet saja,” ujar Emrus Sihombing saat dihubungi Rabu (3/7/2019).

Dikatakan Direktur Eksekutif Emrus Corner ini, ketiga kader partai Demokrat tersebut mempunyai kapasitas yang sama. Mereka mempunyai kapasitas, integritas dan kapabilitas yang memadai untuk duduk di jajaran Kabinet. Karena, menurut Emrus, tiga hal itu amatlah penting dimiliki seseorang  untuk membantu kerja Jokowi yang selalu ingin bekerja serba cepat.

Lebih lanjut dosen pasca sarjana UPH ini menerangkan, dalam memilih jajaran kabinetnya presiden Jokowi mempunyai kewenangan penuh. “Itulah yang dinamakan hak prerogatif presiden,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *