Pengamat: Demi Pemulihan Ekonomi Nasional, Bantuan UMKM Harus Segera Direalisasikan

oleh -66 views

JAKARTA – Bustan Pinrang Pengamat Ekonomi Mikro/Koperasi dan UKM mengatakan penguatan modal dan stimulus berupa bantuan pemodalan Usaha Mikro, Kecil dan Menangah (UMKM) dan Koperasi sangat tepat untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Katanya, langkah strategis ini bisa dilakukan dengan pemberian insentif modal kepada pelaku UMKM dan Koperasi.

“Pemerintah bisa melakukan program tanggung jawab bantuan sosial ekonomi kepada UMKM. Dimana tanggung jawab itu dengan pemberdayaan UMKM agar terjadi perputaran ekonomi masyarakat yang berkelanjutan. Terutama di saat pemulihan ekonomi saat pandemi covid 19 saat ini,” ujar Bustan saat dihubungi, Minggu (13/09/2020).

Menurut Bustan, UMKM dan Koperasi adalah soko guru ekonomi bangsa, untuk Pemulihan Ekonomi Nasional. Sebab, wabah COVID-19 telah memukul perekonomian di seluruh dunia. Bahkan banyak juga negara yang perekonomiannya tidak tumbuh, dan bahkan menurun drastis.

“Memang Presiden Joko Widodo telah mempersiapkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) agar perekonomian nasional tidak terkoreksi lebih jauh. Dimana pada kuartal I 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia anjlok, turun 2,97 persen dari biasanya 5 persen lebih. Oleh sebab itu sudah saatnya segera insentif berupa bantuan stimulus kepada UMKM dilaksanakan,” tandas Bustan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *